iklan

1 Napi terakhir Polsek Kubu yang kabur ditangkap sebelum Jumatan

1 Napi terakhir Polsek Kubu yang kabur ditangkap sebelum Jumatan0

1 Napi terakhir Polsek Kubu yang kabur ditangkap sebelum Jumatan
Tahanan kabur dari Polsek Kubu Rokan Hilir. ©2016 merdeka.com/abdullah sani
Sebanyak tujuh tahanan Mapolsek Kubu Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau yang kabur, Selasa (26/7), berhasil ditangkap. Yang terakhir ditangkap polisi yakni Sugiman, Jumat (29/7) sekitar pukul 10.00 WIB. Dia merupakan tahanan kasus pencurian kendaraan bermotor.

Kapolres Rokan Hilir AKBP Hendri Posma Lubis saat dikonfirmasi mengatakan, selain meringkus tujuh tahanan yang melarikan diri, polisi juga menangkap Anton (19) warga yang turut membantu membawa gergaji untuk memotong teralis besi tahanan.

"Dia (Anton) yang memasukkan gergaji ke dalam sel jeruji besi Polsek Kubu. Anton ini adik dari seorang tahanan kasus pencurian kendaraan bermotor yakni Rahmadani," ujar Posma.

Identitas ketujuh tahanan itu adalah Abdul Saman tahanan kasus pencabulan, Heri Setiawan kasus penggelapan, Rahmadani kasus curanmor, Jali kasus penggelapan sepeda motor, Hasan Ashari kasus curanmor dan Suyandi kasus pencurian dengan pemberatan. Dan tahanan terakhir yang ditangkap Sugiman, kasus curanmor.

"Tidak ada yang ditembak, semua ditangkap dalam keadaan sehat," kata Posma.

Sementara itu, Kapolda Riau Brigjen Pol Supriyanto menegaskan, pihaknya akan memberikan sanksi dan hukuman terhadap anak buahnya yang bertugas menjaga tahanan itu hingga melarikan diri.

"Saya juga sudah meminta agar (Provos) melakukan pemeriksaan terhadap anggota yang piket, apa penyebabnya kok tahanan bisa melarikan diri dari ruang sel Polsek tersebut," tegas Supriyanto.

Seperti diberitakan sebelumnya, tujuh tahanan itu kabur sekitar pukul 00.00 WIB. Saat itu anggota polisi yang piket di tahanan adalah Brigadir Arsyad Efendi dan Briptu Eka Zakaria. Saat dilakukan pengecekan mulanya tahanan sel Polsek Kubu masih lengkap.

Saat itu ada delapan tahanan. Yakni di sel nomor dua sebanyak empat orang, dan sel nomor tiga sebanyak empat orang. Namun beberapa jam kemudian, Brigadir Ferinando Napitupulu, Brigadir Arsyad Efendi dan Briptu Eka Zakaria melakukan pengecekan tahanan, tujuh tahanan sudah tidak ada di dalam sel dan melarikan diri.

Tahanan yang kabur dari sel nomor dua sebanyak tiga orang yakni Jali, Sugiman dan Suyandi. Sedangkan tahanan di sel nomor tiga sebanyak empat orang, yakni Rhamdani, Heri Setiawan, Abdul Saman dan Hasan Ashari.


EmoticonEmoticon