iklan

Terbunuhnya Mahasiswi UGM di Toilet

Versi Lengkap Terbunuhnya Mahasiswi UGM di Toilet


pembunuh-feby_20160504_034758
Istimewa
Foto pria diduga pembunuh Feby Kurnia, mahasiswi Universitas Gadjah Mada asal Batam yang ditemukan tewas hampri membusuk di toilet kampus.
Tak berselang lama demonstrasi mereda di gedung rektorat Universitas Gadjah Mada, mahasiswa kaget mendengar temuan Feby Kurnia (19).
Mahasiswi jurusan Geofisika Fakultas MIPA asal Batam itu ditemukan di dalam toilet Gedung S2 dan S3 FMIPA UGM, Yogyakarta pada Senin (2/5/2016) petang.
Mayat mahasiswi itu diduga kuat korban pembunuhan sebab ada bekas jeratan di leher. Menurut informasi, Feby sudah meninggal sejak empat hari lalu sebelum ditemukan.
Inafis Polda DIY masih melakukan identifikasi terhadap jenazah perempuan yangbditemukan di kamar mandi lantai lima MIPA UGM, Senin (2/5/2016) malam. TRIBUN JOGJA
Bau Busuk
Senin sore, petugas keamanan kampus Sutriyadi merasakan ada kejanggalan di toilet lantai lima Gedung MIPA, muasal bau bangkai. Saat hendak dibuka, toilet terkunci dari dalam.
“Ketika sedang memeriksa gedung pada sore hari sekitar pukul 18.30 WIB, ia mencium bau yang tidak sedap,” ungkap petugas keamanan UGM, Setya Hadi, teman Sutriyadi.
Sutriyadi lalu memanggil Setya dan rekan lainnya untuk memeriksa ada apa di dalam toilet, tapi pintu tak bisa dibuka karena dikunci dari dalam.
“Pintu terkunci dari dalam, kami intip ada hitam-hitam. Kami langsung curiga ada yang enggak beres,” sambung Setya.
Setelah beberapa kali gagal mendobrak pintu toliet, mereka kemudian turun dan menghubungi petugas keamanan dari sektor barat pusat.
Jumlah petugas keamanan yang datang ke toilet bertambah. Saat melongok ke dalam mereka mendapatkan sesosok mayat perempuan dalam posisi terduduk.

TKP toilet di Gedung S2 dan S3 FMIPA UGM lokasi mayat Feby Kurnia ditemukan, Senin (2/5/2016) petang. TRIBUN JOGJA
“Kami berempat langsung turun dan menghubungi pihak berwajib,” ujar dia.
Polisi yang datang ke tempat kejadian perkara langsung melakukan mengidentifikasi jasad yang sebelumnya tidak dikenal itu.
Setelah beberapa jam melakukan identifikasi, petugas mendapatkan informasi jasad perempuan tersebut mengarah ke Feby Kurnia, mahasiswi semester dua UGM.
“Dari identitas yang kami temukan, korban bernama Feby Kurnia,” ungkap Dir Reskrimum Polda DIY, Kombes Hudit Wahyudi di lokasi.
Kamera Pengawas Mati
Hasil identifikasi sementara, polisi menemukan jeratan di leher korban. Petugas menduga korban telah meninggal empat hingga lima hari sebelum ditemukan.
Saat ditemukan kondisi mayat sudah dalam keadaan tidak sempurna dan membusuk.
Kombes Hudit mengungkapkan, berdasarkan hasil identifikasi yang dilakukan pihaknya menduga ada unsur pembunuhan terhadap Feby.

Sabrina menunjukkan foto Feby Kurnia semasa hidup. TRIBUN JOGJA
“Luka tidak terlihat jelas. Penyebab kematian secara pasti nanti akan bisa dilihat nanti setelah keluar hasil otopsi,” terang Hudit.
Di dekat jasad korban, polisi menemukan adanya beberapa botol serta beberapa benda yang diduga milik korban.
Sedangkan untuk masalah pintu toilet yang terkunci polisi belum dapat mematikan apakah di kunci dari luar atau dari dalam.
Dirinya menerangkan, di area dekat toilet terdapat kamera pengawas, namun dalam keadaan mati.
“Ini kebiasan di Indonesia, CCTV hanya seperti figuran. CCTV mati, seandainya CCTV hidup bisa mengetahui kejadian kriminalitas,” terang Hudit.

Jenazah Feby Kurnia dievakuasi pihak kepolisian untuk diautopsi di rumah sakit. TRIBUN JOGJA
Kasus penemuan jasad mahasiswi yang diiringi dugaan adanya pembunuhan itu selanjutnya akan ditangani oleh Polres Sleman dengan bantuan Polda DIY.
“Mohon doanya segera terungkap, karena ini menyangkut nyawa orang lain,” ujar dia.
Baju Korban Dikenal
Korban sebelumnya dilaporkan menghilang oleh rekan-rekannya sesama mahasiswa. Laporan menghilangnya Feby disampaikan ke Polsek Mlati, Sleman, Kamis (28/4/2016) sore.
Salah satu rekan sekelas korban, Sabrina, mengenali jasad Feby dari pakaian yang melekat di tubuhnya. “Saya kenal persis dengan tas sama bajunya,” ujar dia sambil menangis.
Sabrina mengutarakan, ia dan rekan satu kelas terakhir kali berkontak dengan Febt pada Kamis (28/4/2016) pagi. Saat itu korban akan berangkat kuliah tapi tak terlihat di dalam kelas.
“Kami kira awalnya ketiduran,” tambah Sabrina.

Pria diduga pembunuh Feby Kurnia sudah diamankan. ISTIMEWA
Kecurigaan muncul karena hingga sore Feby tidak ada kabar. Pada Jumat (29/4/2016), rekan satu kelas Feby mencoba mencarinya dan sempat menghubungi lewat pesan pendek dan telepon.
Rekan-rekan Feby sempat berkoordinasi dengan kepolisian untuk mencari Feby dengan melacak nomor telepon genggamnya, namun satu kali ditelpon justru seorang pria yang mengangkat.
“HP-nya terlacak di Jalan Parangtritis,” terang Sabrina.
Setelah dilakukan pemeriksaan sementara oleh pihak kepolsian, jasad korban kemudian dibawa ke RSUP dr Sardjito. Kini beredar kabar pembunuh Feby sudah ditangkap.
Bukan Tulisan Korban
Kematian Feby begitu membekas di benak ibunya, Nurcahaya Ningsih (48). Ia merasa janggal dengan pesan pendek yang dikirim dari nomor ponsel Feby.
Bahasa yang digunakan di pesan singkat itu terasa asing. “Bahasa yang digunakan tak biasa dipakai anak saya,” kata Nurcahya kepada Tribun Jogja, Selasa (3/5/2016).

Nurcahaya menunjukkan pesan pendek terakhir dari ponsel Feby pada Jumat, 29 April 2016. TRIBUN JOGJA
Nurcahaya menerima pesan singkat terakhir dari ponsel Feby pada Jumat (29/4/2016), bertepatan keluarga di rumah mendapatkan kabar dari penjaga kost bahwa Feby tidak pulang.
Kejanggalan pesan singkat itu terlihat dari pilihan kata Feby yang menyebut dirinya “by”, biasanya Feby tak menuliskan kata seperti itu.
“Biasanya hanya menulis Feby, enggak pernah By,” imbuh Nurcahaya.
Kejanggalan lain, menurut Nurcahaya, Feby kerap singkat ketika membalas pesan, tak pernah panjang. Sementara pesan terakhir terlalu panjang.
Informasi yang dihimpun Tribun Jogja, Feby terpantau keluar dari kos untuk kuliah pada Kamis (28/4/2016) dan ditemukan sudah tewas pada Senin (2/5/2016) malam.


EmoticonEmoticon