iklan

Gadis Iran nyamar jadi pria demi tonton pertandingan bola di stadion

Gadis Iran nyamar jadi pria demi tonton pertandingan bola di stadion

Gadis Iran nyamar jadi pria demi tonton pertandingan bola di stadion
gadis iran di dalam stadion sepak bola. ©youtube
Merdeka.com - Seorang gadis Iran menjadi terkenal setelah dia berhasil masuk ke dalam stadion sepak bola untuk menyaksikan pertandingan klub kesayangannya, Persepolis. Dia bisa masuk ke dalam stadion dengan menyamar seperti laki-laki.

Gadis 22 tahun yang di media sosial Instagram bernama Shakiba itu menonton pertandingan sepak bola antara Persepolis melawan Esteghlal di Teheran pada 13 Mei lalu. Dia menjadi salah satu di antara 95 penonton di stadion itu.

Selama ini sejak Revolusi Iran 1979, perempuan di Negeri Mullah di larang menonton pertandingan oleh raga di stadion.

Setelah berhasil dia memajang video ketika dirinya berada di dalam stadion di antara ribuan penonton.

"Saya pernah bilang akan pergi ke stadion dan sekarang saya berhasil melakukannya," kata dia dalam video itu, seperti dilansir situs France24, pekan lalu.

Dalam videonya yang lain Shakiba menjelaskan bagaimana dia bisa masuk ke dalam stadion. Dia memakai lima lapis kaos dan lima lapis celana untuk menyembunyikan bentuk tubuhnya sehingga badannya terlihat lebih besar. Dia juga melumuri wajahnya dengan cat warna merah sehingga tidak terlihat seperti perempuan meski dia mengatakan harus menahan panas di muka akibat cat itu selama lima jam.

Meski tidak ada larangan resmi bagi perempuan masuk stadion namun polisi Iran kerap menghentikan setiap perempuan yang akan datang ke stadion dengan alasan hal itu bisa membahayakan dirinya.


EmoticonEmoticon